Pages

27 Juli 2008

TABEL PROGRAM PIMPINAN PUSAT LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU TAHUN 2007 2008 2009

14 Rapat Pleno PP LP Ma’arif | NAHDLATUL ULAMA
TABEL PROGRAM PIMPINAN PUSAT LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
TAHUN 2007 2008 2009
NO. PROGRAM
KEGIATAN SASARAN CAPAIAN
WAKTU
PELAKSANAAN
PELAKSANA
1. Konsolidasi
Kepengurusan Wilayah
dan Cabang
1. Menyempurnakan data pengurus
Wilayah dan Cabang LP Ma’arif NU;
2. Melakukan pendampingan terhadap
Pengurus PW untuk mengaplikasikan
perangkat peraturan organisasi: a) Tata
Kerja LP Ma’arif NU, b) Pola Koordinasi
Kelembagaan Pendidikan NU, c)
Pedoman Umum Penyelenggaraan
Pendidikan NU, d) Pedoman
Pengelolaan Satuan Pendidikan;
3. Melakukan konsolidasi dengan
Pengurus PW dan PC dalam
penyelenggaraan dan pengelolaan
satuan pendidikan.
Pengurus Wilayah dan
Cabang dan MWC LP
Ma’arif NU
1. Berjalannya sistem
administrasi
2. Terciptanya
koordinasi yang
menyeluruh
15 Rapat Pleno PP LP Ma’arif | NAHDLATUL ULAMA
2. Memperkuat
pendanaan organisasi
1. Mengoptimalkan sumbangan dari
donatur;
2. Mengoptimalkan i’anah dari satuan
pendidikan pengguna aset Pimpinan
Pusat;
3. Mengusahakan dana melalui kerjasama
program dengan instansi Pemerintah
(Depag, Depdiknas, dan instansi terkait
lainnya) maupun swasta;
4. Mengusahakan perolehan dana melalui
kerjasama dengan lembaga donor
pendidikan (nasional/internasional)
Lembaga Pendidikan
Ma’arif dan Satuan
Pendidikan Ma’arif
Terpenuhinya kebutuhan
dana dalam setiap
kegiatan organisasi dan
pendidikan di lingkungan
Ma’arif
3. Menyempurnakan
database satuan
pendidikan Ma’arif NU
1. Mengklasifikasi status satuan
pendidikan NU (madrasah/sekolah/PT)
menjadi: a) milik Ma’arif; b) afiliasi
Ma’arif;
2. Memetakan potensi satuan pendidikan,
meliputi tenaga pendidikan dan
kependidikan, serta sarana dan
prasarana;
3. Berkoordinasi dengan PW dan PC untuk
kepentingan updating datra;
4. Mengoptimalkan website PP LP Ma’arif
NU sebagai sarana komunikasi;
5. Menerbitkan jurnal (6 bulanan) dan
tabloid (bulanan)
Satuan Pendidikan
Ma’arif dan Media
Informasi/komunikasi
di lingkungan
pendidikan NU
1. Tersedianya data dan
peta pendidikan
Ma’arif NU
2. Terwujudnya media
informasi dan
komunikasi yang
efektif
3. Terumuskannya
penetapan pola
satuan pendidikan
4. Mempertegas identitas
pendidikan (Sekolah,
Madrasah, dan
Perguruan Tinggi)
Ma’arif NU
1. Menetapkan BHP untuk satuan‐satuan
pendidikan Ma’arif NU sesuai UU dan
peraturan yang berlaku;
2. Menerapkan identitas fisik (plank)
satuan pendidikan dengan memberi
label Lembaga Pendidikan Ma’arif NU di
Satuan pendidikan
Ma’arif NU dan
stakeholders
Terwujudnya
keseragaman fisik,
administratif maupun
kultural di lingkungan
satuan pendidikan NU
16 Rapat Pleno PP LP Ma’arif | NAHDLATUL ULAMA
atas nama satuan pendidikan
(madrasah/sekolah/PT);
3. Mengoptimalkan realisasi pedoman
umum penyelenggaraan pendidikan
dan pedoman pengelolaan satuan
pendidikan Ma’arif NU.
5.
Meningkatkan kualitas
pendidikan Ma’arif NU
1. Melakukan advokasi dan
pendampingan terhadap satuan
pendidikan Ma’arif NU untuk mencapai
Standar Nasional Pendidikan;
2. Menerapkan Kurikulum Aswaja dan Ke‐
NU‐an pada satuan‐satuan pendidikan
Ma’arif NU;
3. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik
dan kependidikan: a)
menyelenggarakan program
pemberdayaan guru Ma’arif NU, b)
mengadakan pelatihan menejemen
penyelenggaraan dan pengelolaan
satuan pendidikan Ma’arif NU, c)
mengembangkan Pergunu sebagai
organisasi profesi pendidik di
lingkungan NU;
4. Merumuskan standar evaluasi
madrasah/sekolah Ma’arif;
5. Advokasi pembiayaan pendidikan
melalui: a) workshop fund raising bagi
kepala madrasah/sekolah dan Komite
madrasah/sekolah Ma’arif NU, b)
memantau peluang perolehan bantuan
dana dari instansi/lembaga yang siap
memberikan dana kepada
Satuan pendidikan
dasar dan menengah
Ma’arif NU dan
stakeholders
Tercapainya SNP pada
satuan pendidikan Ma’arif
NU;
Berlakunya kurikulum
Aswaja di seluruh satuan
pendidikan Ma’arif NU
17 Rapat Pleno PP LP Ma’arif | NAHDLATUL ULAMA
madrasah/sekolah Ma’arif;
6. Melakukan pendampingan akreditasi
satuan pendidikan (sekolah, madrasah
dan Perguruan Tinggi).
7. Meningkatkan partisipasi jama’ah NU
terhadap pengelolaan pendidikan
Ma’arif NU, melalui: a) optimalisasi
komite madrasah/sekolah, b)
penyiapan supervisor dari tenaga
pengawas, c) mengadakan pelatiahn
supervisor.
6. Pengembangan
Pendidikan Tinggi
1. Meningkatkan kerjasama antar
perguruan tinggi di lingkungan NU;
2. Mengadakan kerjasama dengan
berbagai instansi baik pemerintah
maupun swasta, nasional maupun
internasional dalam mengembangkan
pendidikan tinggi di lingkungan NU;
3. Menyelenggarakan workshop,
pelatihan, seminar untuk peningkatan
mutu perguruan tinggi;
4. Mengupayakan berdirinya sekolah
tinggi dari berbagai macam jurusan
dan program studi sebagai strategi
pendirian Universitas Nahdlatul
Ulama;
5. Memperkuat APTINU sebagai wadah
komunikasi dan kerjasama antar
perguruan tinggi di lingkungan NU.
Perguruan tinggi NU
dan stakeholders
Meningkatnya kerjasama
antarpergruan tinggi dan
berdirinya universitas NU
yang membanggakan.
7. Meningkatkan
hubungan dan jaringan
(network) Internasional
1. Mengakses peluang beasiswa ke luar
negeri: a) menelusuri peluang
beasiswa dari dalam dan luar negeri
Lembaga‐lembaga
Internasional
Terkirimnya tenaga
pendidik dan kependidikan
Ma’arif ke luar negeri
18 Rapat Pleno PP LP Ma’arif | NAHDLATUL ULAMA
di tingkat S1, S2, dan S3 bagi guru dan
lulusan satuan pendidikan Ma’arif; b)
Mensosialisasikan dan membantu
satuan pendidikan mendapatkan
bantuan dan beasiswa; c)
mempersiapkan dan melatih para
peserta yang siap menerima tugas
belajar ke luar negeri;
2. Memperluas bidang kerjasama
pendidikan, antara lain dengan The
British Council, AusAid, USAid, HSF,
TAF, dan negara‐negara timur tengah,
dll.
untuk pengembangan
sumber daya manusia baik
melalui pelatihan, studi
banding ataupun studi di
perguruan tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca juga

Recommended Post Slide Out For Blogger

Poll