Pages

13 Juli 2009

Beasiswa Grants ASEAN Taught Master Scholarships

TANYA

Dear milister,

Hallo, apa kabar ? semoga dalam keadaan baik-baik semua ya. Begini ceritanya kemarin saya mendapat kabar bahwa saya lolos beasiswa ASEAN TAUGHT MASTER SCHOLARSHIPS UNIVERSITY NOTTINGHAM untuk MA in Critical Theory and Politics. Beasiswa itu adalah beasiswa khusus untuk 10 mahasiswa dari negara ASEAN dan alhamdulillah saya lolos untuk mewakili Indonesia. Yang menjadi masalah adalah beasiswa itu bukan full scholarships tetapi partial scholarships. Mereka hanya mereduksi 25% dari tuition fee. Saya agak heran dengan beasiswa ini karena biasanya untuk negara-negara ASIA termasuk ASEAN dikenakan full scholarships.

Yang ingin saya tanyakan :

- Apakah ada dari teman2 milister yang mengetahui kemana saya harus mencari tambahan grants. Kebetulan saya diberikan waktu 6 minggu/1 setengah bulan untuk menyatakan ya atau tidak nya saya menerima beasiswa tersebut.
- Apakah menurut pendapat teman-teman milister, efektifkah saya meminta grants ke ASEAN Foundation atau organisasi-organisasi internasional yang berkiblat ke wilayah ASIA/ASEAN.

Jujur saja saya sangat serius dengan program studi tersebut karena karena dapat menunjang karir akademis saya.

Terima kasih atas perhatian teman-teman milister dan saya tunggu sekali responnya.

Wisnu ADI
-JAKARTA-


JAWAB

Pak Wisnu yang terhormat,

Perkenalkan, saya Qusthan juga dari Jakarta. Saya juga salah seorang penerima ASEAN Taught Master Scholarship yang hanya menanggung 25% dari tuition fee/spp. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa "diskon" tersebut mensyaratkan pembayaran 1.000 Poundsterling (apakah Bapak tidak disyaratkan hal yang sama?) untuk mulai kuliah September nanti. Jadi, "diskon" itu tidak dapat digunakan bila kita postpone mulai kuliah tahun berikutnya; dan boleh dibilang hal itu memang cara kampus untuk menarik mahasiswa secepat mungkin.

Saya pikir yang turut bertanggungjawab di sini ialah yayasan milik seorang miliarder kelas dunia itu, karena tidak ada satupun dari beberapa WNI yang berhasil mendapat beasiswa penuh untuk kuliah Critical Theory and Politics dari Nottingham, walau sebelumnya telah mendapat tawaran kuliah. Saya pun sebelumnya mendaftar untuk studi yang sama. Maaf jika ada salah kata.

Salam hormat,
Qusthan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca juga

Recommended Post Slide Out For Blogger

Poll