Pages

30 Mei 2009

Score minimum TOEFL untuk beasiswa FULBRIGHT

TANYA

Dear rekan-rekan,

Ada hal yang ingin saya tanyakan terkait dengan kemampuan bahasa inggris. Persyaratan untuk mengikuti beasiswa Fulbright salah satunya adalah TOEFL dengan score minimum 550. Saya sudah mengikuti tes TOEFL institutional di AMINEF beberapa bulan yang lalu,tapi score saya masih kurang.
Untuk memenuhi score 550 tersebut, saya sedang persiapan untuk mengikuti tes selanjutnya. Yang ingin saya tanyakan apakah hasil tes TOEFL tersebut bisa menyusul setelah tanggal deadline beasiswa FULBRIGHT yaitu 31 Mei 2009? Mohon penjelasannya.

Terimakasih

Amalia

JAWAB

wah, pertanyaan ini sama dengan yang diajukan salah satu peserta yang sekitar 2 bulan lagi ada presentasi promosi fulbright di kampus aku.
si mbak officer fulbright jawabnya GAK BOLEH. yang kata si mbak boleh itu kalo ijazah belum keluar tapi dah lulus...

lebih lanjut si mbak bilang, persyaratan administratif penting, karena kalo ada salah satu yang gak memenuhi (misalnya TOEFL kurang), katanya langsung didelete aja, jadi kayak screening awal biar cepet mereduksi peminat yang banyak cmiiw.. Saran si mbak sih kitanya yang sebaiknya persiapan dari jauh-jauh hari :)

btw, persyaratan TOEFL utk fulbright beda2 tergantung program yang ditawarin, kisarannya 500-580.

regards,
adi onggo

Dear Amalia,

sebaiknya memang score TOEFL ada di atas score minimal. Tapi IMHO mungkin saja TOEFL di bawah "standar" diterima kalau aspek lain dari aplikasi Amalia memang sangat menarik. Kalau tidak, buat apa ada 'language program' dari Fulbright kan? (Yang ditujukan untuk penerima beasiswa yang kemampuan bahasa Inggrisnya kurang baik).

Jadi, saya punya 2 saran:

1. Submit saja nilai TOEFL yang ada, yang penting tidak lewat deadline
2. (Better one) Telpon langsung ke Aminef (021 3452016) dan tanyakan apakah score TOEFL-nya boleh menyusul. Atau boleh tidak kalau score TOEFL yang terbaru menyusul sementara Amalia mensubmit score yang lama. Who knows?

Good luck!

Panji

Dear Mb Herma,
Berhub mb mo mngejar deadline fulbright(umumnya 31 mei kl tdk salah), sebaiknya (mungkin tepatnya harus) memang menyertakan nilai toefl yg mencukupi saat registrasi awal. Sepengetahuan sy, nilai toefl tidak bisa menyusul. Saran sy, coba ambil tes toefl institusi dr universitas. Umumnya tiap universitas pny pusat bahasa,slh satu tes yg diadakan adlh tes toefl/toefl prediction.Biasanya nilainya dpt segera keluar dlm 1-2 hari.
Kandidat yg sukses di tingkat wawancara akan dijadwalkan utk tes toefl internasional. Dari kisah yg sy dengar, ada kandidat yg sukses saat wawancara namun kemudian gugur o/k skor toeflnya tidak memenuhi batas minimal. Kadang skor yg diperoleh saat tes toefl institutional sangat berbeda dan tdk setinggi skor iBT, yg setahu sy pd umumnya uni2 di amrik mintanya skor iBT min 79 utk masters dan 100 utk PhD utk syarat admisi (amannya sih 100, kl dikonversi k paperbased toefl kira2 600). Krn itu, sebaiknya tetap meng-upgrade kemampuan bahasa selama masa menunggu pengumuman.
Moga infonya dpt membantu.

Salam,
Sunna


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca juga

Recommended Post Slide Out For Blogger

Poll