Departemen Kehutanan membuka kesempatan kepada para lulusan Diploma III dan Sarjana (S1)) untuk diangkat menjadi calon tenaga fungsional serta tenaga teknis lainnya dengan kualifikasi sebagai berikut :
a). Diploma III (DIII) sebanyak 173 orang dengan rincian :
- Diploma III (DIII) Kehutanan = 90 orang
- Diploma III (DIII) Ekonomi Akuntansi = 80 orang
- Diploma III (DIII) Kearsipan = 2 orang
b). Sarjana (S1) sebanyak 177 orang dengan rincian :
- Sarjana (S1) Kehutanan = 88 orang
- Sarjana (S1) Ekonomi Akuntansi = 77 orang
- Sarjana (S1) Biologi = 3 orang
- Sarjana (S1) Administrasi Negara = 3 orang
- Sarjana (S1) Ilmu Tanah = 2 orang
- Sarjana (S1) Sosiologi = 2 orang
- Sarjana (S1) Statistik = 1 orang
- Sarjana (S1) Teknik Lingkungan = 1 orang
I. JABATAN LOWONGAN
Pelamar melamar jabatan yang lowong dengan menuliskan kode jabatan pada
formulir pendaftaran sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki.
Pelamar berhak untuk memilih maksimal 2 (dua) jabatan lowong. Pilihan
jabatan tidak bersifat mutlak, panitia berhak menentukan pelamar yang
lolos seleksi dengan jabatan di luar jabatan pilihan pelamar. Nama jabatan
lowong, kode jabatan, persyaratan jabatan dan uraian tugas masing-masing
jabatan terlampir.
II. PERSYARATAN UMUM
a). Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia
dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
b). Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan
berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
c). Tidak dalam kedudukan sebagai pengurus/anggota partai politik.
d). Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri
atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri maupun sebagai
pegawai swasta.
e). Tidak berkedudukan sebagai CPNS dan tidak sedang terikat
perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
f). Sehat jasmani dan rohani.
g). Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia atau
negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah.
III. PERSYARATAN KHUSUS
1. Usia
a). Usia minimal 18 tahun (lahir tanggal 1 Desember 1990 atau sebelumnya).
b). Untuk Diploma III (DIII) berusia maksimal 25 tahun (lahir tanggal 1
Desember 1983 atau sesudahnya).
c). Untuk Sarjana (S1) berusia maksimal 28 tahun (lahir tanggal 1 Desember
1980 atau sesudahnya).
2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
a). Untuk Diploma III (DIII) minimal 2,50 skala 4 dengan program studi
terakreditasi A, B, atau C.
b). Untuk Sarjana (S1) minimal 2,75 skala 4 dengan program studi
erakreditasi A, B, atau C.
IV. PENDAFTARAN DAN PENYAMPAIAN BERKAS
a). Berkas pendaftaran harus sudah diterima panitia selambat-lambatnya
tanggal 15 Oktober 2008 ditujukan kepada :
PANITIA PENGADAAN CPNS DEPARTEMEN KEHUTANAN
FORMASI TAHUN 2008
PO BOX 7600/JKPWB
JAKARTA 10270
Panitia hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui PO BOX
tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian lamaran lainnya
termasuk diantar langsung ke Departemen Kehutanan.
b). Berkas lamaran dengan lampiran-lampiranny a disusun sebagai berikut :
- Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap, formulir dapat di
download di website Departemen Kehutanan di www.dephut.go. id
- Surat lamaran ditulis tangan sendiri dengan tinta warna hitam di atas
kertas folio bergaris dengan huruf latin dengan mencantumkan biodata
antara lain nama, tempat/tanggal lahir, status (nikah / belum
nikah/janda/ duda), alamat jelas yang mudah dihubungi dan nomor telepon/HP
dan ditujukan kepada Menteri Kehutanan cq. Kepala Biro Kepegawaian;
- Fotocopy ijazah dan transkip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat
yang berwenang, sebanyak 1 (satu) lembar (Surat Keterangan Lulus/Ijazah
Sementara tidak dapat diterima);
- Fotocopy sertifikat akreditasi program studi, sebanyak 1 (satu) lembar;
- Surat Pernyataan bermaterai Rp 6.000,- sanggup memenuhi persyaratan
(umum dan khusus) dan ketentuan pelaksanaan Penerimaan CPNS Departemen
Kehutanan Formasi Tahun 2008,sebanyak 1 (satu) lembar, format surat dapat
di download di website Departemen Kehutanan di www.dephut.go. id;
- Pasfoto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 cm berlatar belakang merah,
sebanyak 2 (dua) lembar;1 (satu) lembar foto ditempel di formulir
pendaftaran dan 1 (satu) lembar lainnya ditulisi nama pelamar di bagian
belakang foto;
- Fotocopy bukti pengalaman kerja/kursus yang berkaitan dengan jabatan
yang dilamar bila ada, sebanyak 1 (satu) lembar.
- Fotocopy hasil pemeriksaan kesehatan umum yang telah dilegalisir dari
dokter/klinik yang meliputi : tinggi dan berat badan, mata, gigi, fungsi
motorik, pendengaran dan tekanan darah (khusus untuk pelamar jabatan
Polisi Kehutanan (Polhut), baik pilihan 1 atau 2).
c). Lamaran beserta lampiran tersebut pada butir (b) disusun rapi sesuai
urutan di dalam map kertas jepit berlubang (snelhecter) dengan warna :
- Kuning untuk Diploma III (DIII),
- Biru untuk Sarjana (S1),
d). Map lamaran dimasukkan ke dalam amplop warna coklat dan ditulis pada
pojok kiri atas kode kualifikasi pendidikan.
e). Berkas lamaran yang tidak memenuhi syarat tidak akan diproses.
f). Berkas lamaran yang diterima panitia menjadi milik panitia dan tidak
dapat diminta kembali oleh pelamar.
V. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI
Seleksi Pengadaan CPNS Departemen Kehutanan Formasi Tahun 2008 dilakukan
dengan tahapantahapan sebagai berikut :
1. Seleksi Administratif
Panitia akan memberlakukan sistem ranking berdasarkan pertimbangan nilai
IPK, akreditasi program studi, umur dan pengalaman kerja untuk menentukan
jumlah peserta ujian tertulis apabila jumlah pelamar melebihi jumlah
peserta ujian yang ditentukan. Pengumuman peserta yang lolos seleksi
administrasi dan berhak untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya akan
diumumkan pada tanggal
30 Oktober 2008.
2. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi wajib mengambil
Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) pada tanggal 11-12 November 2008 dengan
menunjukkan ijazah asli dan fotocopy formulir pendaftaran yang telah diisi
lengkap, bertempat di kantor Koordinator UPT Departemen Kehutanan di
seluruh Indonesia atau tempat lain yang ditunjuk.
3. Ujian Tertulis
Ujian Tertulis akan dilaksanakan serentak di seluruh kantor Koordinator
UPT Departemen Kehutanan di seluruh Indonesia atau tempat lain yang
ditunjuk pada tanggal 13 November 2008. Hasil ujian tertulis akan
diumumkan pada tanggal 5 Desember 2008.
4. Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 30 Tahun 2007
tanggal 27 Agustus 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan CPNS, materi
ujian meliputi :
• Tes Kompetensi Dasar (TKD); dimaksudkan untuk menggali pengetahuan,
keterampilan dan sikap/perilaku peserta ujian, yang meliputi :
- Tes Pengetahuan Umum / TPU (Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya,
Hankam dan Hukum);
- Tes Bakat Skolastik / TBS (Kemampuan Verbal, Kemampuan Kuantitatif, dan
Kemampuan Penalaran);
- Tes Skala Kematangan / TSK (Kemampuan Beradaptasi, Pengendalian Diri,
Semangat Berprestasi, Integritas dan Inisiatif).
• Tes Kompetensi Bidang (TKB); dimaksudkan untuk mengukur kemampuan dan atau
keterampilan peserta ujian yang berkaitan dengan kompetensi jabatan.
5. Seleksi dilakukan dengan sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat
diganggu gugat.
VI. LAIN-LAIN
1. Panitia TIDAK MEMUNGUT BIAYA APAPUN dari peserta.
2. Departemen Kehutanan tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran
berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Departemen Kehutanan
atau panitia, sehingga pelamar diharapkan tidak melayani tawaran-tawaran
untuk mempermudah penerimaan sebagai CPNS Departemen Kehutanan.
3. Pelamar yang telah dinyatakan lulus namun mengundurkan diri, tidak akan
diterima sebagai CPNS Departemen Kehutanan pada pengadaan pegawai baru
tahun-tahun berikutnya.
4. Setelah diangkat CPNS tidak boleh meminta pindah selama 5 (lima) tahun.
5. Lamaran yang dikirimkan kepada Departemen Kehutanan sebelum pengumuman
ini dianggap tidak berlaku.
6. Informasi resmi yang terkait dengan seleksi CPNS Departemen Kehutanan
Formasi Tahun 2008 hanya dapat dilihat melalui website Departemen
Kehutanan di www.dephut.go.id. Oleh karena itu para pelamar disarankan
untuk terus memantaunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar